Minggu, 08 Januari 2012

“PENGARUH TIK DALAM DUNIA PENDIDIKAN”

Perkembangan zaman diera modern ini menunut banyak pihak untuk mengikutinya. Utamanya adalah sektor-sektor dan pihak-pihak yang dianggap memiliki peranan penting di dalam sebuah Negara seperti halnya pendidikan,kesehatan,pemerintahan dsb. Seiring dengan berjalanya waktu yang semakin menuntut kita untuk dapat hidup dizaman yang banyak orang menyebutnya sebagai zaman serba canggih ini tak pelak lagi banyak pihak yang berusaha untuk dapat mengikuti hal tersebut khususnya di dalam dunia pendidkan yang merupakan proses utama dalam mencerdasakan kehidupan bangsa indonesia. Pendidkan merupakan hal yang paling strategis dalam peranya yakni untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia dan para pelajar Indonesialah yang nantinya akan memimpin bangsa ini dan akan membawa kemana bangsa ini serta menjadikan Negara ini seperti apa??. Sehingga apabila pendidikan itu sendiri  tidak bisa mengikuti perkembangan zaman yang ada bisa dipastikan bahwa Negara tersebut merupakan Negara yang kurang maju karena tidak tersedianya berbagai sarana penunjang seiring dengan tuntutan zaman. Internet merupakan salah satu contoh mencolok perkembangan tekhnologi zaman sekarang namun hal tersebut masih banyak kendala yang harus dihadapi oleh bangsa Indonesia dengan adanya Internet tersebut yang tentunya membawa banyak dampak positif maupun negative yang semuanya tergantung dari si pemakainya.
Sekarang ini penggunaan internet tidak hanya menjawab kebutuhan masyarakat untuk berkomunikasi saja, tetapi internet juga mempunyai peranan penting dalam menunjang kemajuan pendidikan. Para pelajar dari usia tingkat pendidikan dasar  sekalipun sudah diperkenalkan dengan teknologi komputer yang kemudian dikembangkan lagi dengan keterampilan penggunaan internet. Tetapi jaringan internet yang ada di Indonesia belum merata, oleh karena itu penyerapan informasi maupun pembagian informasi melalui internet untuk pendidikan belumlah seimbang, terutama untuk para pelajar maupun pendidik di daerah terpencil. Sistem komunikasi dan informasi sangat diperlukan sebagai salah satu komponen penunjang aktivitas pendidikan. Oleh karena itu dalam hal ini peranan pemerintah melalui Kemendiknas harus berkomitmen untuk menyediakan serta meratakan penyeberan internet itu sendiri khsusunya didaerah yang terpencil sekalipun agar semua pihak dapat menikmatinya. Peran para orangt tua, masyarakat sekitar sangatlah dibutuhkan dalam hal ini agar tidak terjadi penyalahgunaan penggunaan internet yang nantinya malah berakibat buruk terhadap bangsa Indonesia.
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi mendorong setiap lapisan masyarakat dituntut untuk dapat menggunakan teknologi tersebut dengan maksimal. Tidak hanya untuk elemen masyarakat secara luas, di dalam dunia pendidikan TIK memnpunyai peranan penting, seperti adanya televisi dan radio yang bersifat edukatif. Tetapi hal tersebut mempunyai sifat komunikasi yang linear, tidak interaktif sehingga diperlukan teknologi lain yang dapat menunjang pendidikan masyarakat seperti halnya dengan teknologi komputer. Komputer sebagai media yang sangat diperlukan oleh masyarakat karena dengan berkembangnya teknologi ini maka proses informasi pun akan semakin berkembang pula dan masyarakat sangatlah memerlukan hal tersebut. Masyarakat mulai dari usia sekolah dasar dibekali pendidikan tentang penggunaan komputer. Inilah yang membuat TIK mempunyai peranan penting dalam kemajuan pendidikan di Indonesia, adanya peningkatan kebutuhan berbagi informasi dan pengetahuan dengan memanfaatkan TIK menjadi menjadi salah satu alasan mengapa hal seperti perpustakaan online sangatlah diperlukan untuk membantu pendidikan di Indonesia ini.
TIK menjadi salah satu media perubahan dalam proses pembelajaran atau pendidikan. Dahulu proses belajar biasanya hanya dilakukan di dalam sebuah ruang kelas dimana terdapat siswa dan guru, tetapi sekarang ruang kelas tidak hanya dibatasi oleh dinding dan papan tulis saja. Kegiatan belajar pun sekarang dapat dilakukan dengan lebih interaktif dan bersifat dua arah. Proses belajar yang cenderung pasif saat ini sudah mulai ditinggalkan oleh para siswa dan guru. Dengan hadirnya internet para siswa dituntut untuk belajar mandiri dalam penyerapan informasi. Informasi tidak hanya didapat dari pendidik tetapi juga dari media komputer, sehingga dapat mendorong peningkatan efisiensi pengelolaan kegiatan belajar mengajar guna mencapai tujuan pendidkan yang telah dicanangkan sejak awal berdiinya Negara indonesia.




Berikut ini dampak dari adanya perkembangan TIK yang terjadi diera modern sekarang ini dalam dunia pendidikan:

*    Dampak Positif      :

1.     Siswa akan lebih mudah untuk mengakses dan mendapatkan informasi yang ada kaitanya dalam dunia pendidikan sehingga dengan hal tersebut akan membuat seorang siswa menjadi lebih kaya akan informasi dan memanfatkan waktunya seefisien mungkin.

2.     Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan. Seorang guru juga akan lebih mudah dalam berinovasi untuk menentukan model belajar yang sesuai dengan para siswanya melalui TIK.

3.     Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.

4.     Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena adanya penerapan system TIK pada setiap komponen seperti     : Akses ke perpustakaan, Akses ke pakar,  Melaksanakan kegiatan kuliah secara online, Menyediakan layanan informasi akademik suatu institusi pendidikan, Menyediakan fasilitas mesin pencari data, Meyediakan fasilitas diskusi, Menyediakan fasilitas direktori alumni dan sekolah, Menyediakan fasilitas kerjasama,dan lain – lain.


*      Dampak Negatif      :

1.     Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudahterjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.

2.     Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.

3.      Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).

Namun, kendala yang dihadapi sekarang ini adalah masih adanya kesenjangan antara satu wilayah dengan wilayah lainnya karena persebaranya yang sulit untuk disetarakan pada seluruh daerah di Indonesia khsusnya daerah pedesan yang sangat terpencil, dan juga perkembangan internet terkadang membawa dampak negatif bagi norma masyarakat sehingga diperlukan integrasi penggunaan TIK yang mendidik. Untuk itu peran berbagai pihak sangatlah diperlukan untuk memberikan pengarahan dan pengawasan tentang penggunaan dan manfaat dari internet itu sendiri. Karena hal ini ibarat sebuah mata pisau yang bisa digunakan secara positif dan negatif tergantung dari si pemakai itu sendiri. Semoga dengan adanya perkembangan TIK yang semakin pesat ini pendidikan Indonesia akan menjadi lebih baik lagi dan para pelajar Indonesia memiliki wawasan internasional namun tetap mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia guna Indonesia yang lebih baik lagi dan akan semakin maju.



“THE END”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar